Pemberdayaan Orang Cacat

Pemberdayaan Orang Cacat

  1. Pemberian bantuan financial untuk sekolah. Samapi saat ini bantuan diberikan sebatas untuk bantuan sekolah.
  1. Bantuan modal kerja bagi yang memiliki ketrampilan. Diberikan kepada penyandang cacat yang memiliki ketrampilan tertentu. Memberi lapangan kerja sesuai kemampuannya agar mandiri.

 

Bantuan kompresor untuk penderita cacat kakipolio grade berat yang mandiri dengan jasa tambal ban dan service sepeda, becak dan sepeda motor. (atas)

Lapangan kerja tukang parkir untuk penderita polio yang masih mampu berjalan (samping)

 

3. Pelayanan kesehatan gratis bagi mereka. Pelayanan gratis bagi orang cacat baru bisa diberikan hanya jasa 

medis (dokter). Bila ada donasi obat dll maka bisa diberikan pada mereka. Bantuan obat tertentu diberikan bila ada donatur memberi obat ttt sehingga klien yang memerlukan jenis  obat itu akan digratiskan thd harga obat tersebut. Rotary Kunthi permah memberi obat jenis salep antibiotik. Pasien yang menerima obat itu digratiskan dan untuk pertanggung jawaban, petugas minta tanda tangan penerima.

4. Bantuan penegakan hak dan keadilan bagi mereka. Membantu orang cacat yang mendapatkan perlakuan tidak semestinya yang perkaranya masuk ke pengadilan.

5. Kursus ketampilan bagi penyandang cacat. Pada dasarnya pelatihan ketrampilan diberikan kepada siapa saja tanpa diskrimiasi orang cacat. Akan tetapi bagi orang dengan kecacatan tertentu akan dibantu pelatihan tertentu yang sesuai.

6. Pendorongan hak kesetaraan orang cacat. Demo, advokasi dilakukan untuk mendorong pembangunan keadilan dan kesetaraan bagi orang cacat.